Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK

Write on Kamis, 17 May 2018 by: fikri

Oleh : WITA WULAN SARI, SP

Penyuluh Pertanian UPT BPP Landasan Ulin

Kegiatan penyusunan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) merupakan salah satu agenda rutin bagi kelompok tani. Melalui penyusunan RDKK maka tergambarlah sudah kegiatan kelompok dalam kurun waktu setahun. Sejauh ini petani menyadari bahwa RDKK sangat berperan penting dalam mendukung kegiatannya. Bagaimana tidak, lewat RDKK petani bisa mendapatkan pupuk bersubsidi.

Selama ini RDKK yang disusun oleh kelompok tani masih bersistem manual, sehingga terdapat begitu banyak celah untuk dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu tahun 2019 akan dimulai penyusunan RDKK dengan sistem elektronik, tujuannya tidak lain adalah untuk melindungi hak-hak petani dan kelompok tani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi. Selanjutnya petani yang terdaftar dalam eRDKK akan mendapatkan kartu tani sebagai tanda bukti untuk mendapatkan pupuk bersubsidi yang tersedia di kios penyalur resmi.

Kegiatan sosialisasi eRDKK dan penghimpunan data petani telah dilakukan seluruh penyuluh di UPT BPP Landasan Ulin dengan serentak di 4 kelurahan wilayah binaan. Hal ini disambut dengan antusias oleh seluruh petani karena disadari kegiatan ini berkeinginan untuk memberikan layanan terbaik bagi petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi, semoga.

Klik disini : Berita asli di Cybex 

Share: Share on Google+ Print: Category: Pertanian

Beternak Kambing : Pengelolaan Pakan dan Air Minum

Sebelum memulai beternak, perlu untuk mempertimbangkan masalah ketersediaan paka

PEMBUATAN ES KRIM DARI JAMUR TIRAM

Praktek pembuatan Es krim dari jamur tiram di KWT Merah Delima Adapun bahan - b

CARA JITU PENGENDALIAN HAMA ORONG-ORONG PADA TANAMAN PADI

Pada musim kemarau, lahan sawah pasang surut atau tadah hujan mengalami kekering