KEGIATAN PENGAMBILAN SAMPEL SAYUR SEGAR DALAM RANGKA PENGAWASAN KEAMANAN PANGAN SEGARDI KELOMPOK NGUDI RAHAYU KELURAHAN SYAMSUDIN NOOR KECAMATAN LANDASAN ULIN

Write on Selasa, 04 Sep 2018 by: melly

Hasil Pengambilan Sampel :

Pangan dibagi tiga golongan yaitu pangan segar, pangan olahan dan pangan siap saji.Pangan segar adalahpangan yang belum mengalami pengolahan yang dapat dikonsumsi langsung dan atau dapat menjadi bahanbaku pengolahan pangan

Tujuan dari kegiatan pengawasan keamanan pangan segar adalah untuk memastikan pemenuhan persyaratankeamanan dan mutu pangan segar sesuai ketentuan

Berdasarkan PP no. 28 Tahun 2004 tentang Keamanan Mutu dan Gizi Pangan, bahwa persyaratan keamananpangan adalah standar dan ketentuan-ketentuan lain yang harus dipenuhi untuk mencegah pangan darikemungkinan adanya bahaya, baik karena cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu,merugikan dan membahayakan kesehatan manusia.

Keamanan pangan merupakan salah satu aspek penting yang menentukan kualitas SDM. Konsumsi panganyang beragam, bergizi seimbang tidak akan berarti, jika makanan yang dikonsumsi masyarakat tidak aman daricemaran kimia maupun mikroba. Pangan yang tercemar mikroba menyebabkan berbagai kasus Penyakit BawaanMakanan (PBM), seperti diare. Sedangkan pangan yang terkontaminasi cemaran kimia, seperti residu pestisidadan toksin diduga sebagai penyebab penyakit kanker.

Kelompok Ngudi Rahayu ini terdiri dari 23 orang, dimana luas lahan yang dimiliki ± 1 ha, adapunkomoditas yang ditanam adalah cabe merah keriting, cabe rawit, tomat, melon, buncis, kacang panjang, terongdan timun.

Penyemprotan pupuk yang dilakukan oleh kelompok ini±4 hari sekali dalam seminggu, adapun pupukyang digunakan adalah pupuk anorganik dengan merk Amistar Top dengan dosis dibawah dosis yang dianjurkan.

Pengambilan Sampel sayur segar di Kelompok Ngudi Rahayu Kelurahan ini diambildi tempat Bapak Saqinaantara lain :Hasil dari pengambilan sampel sayur dan buah segar di Kelompok Ngudi Rahayu ini kemudian di uji Pestisidadengan menggunakan rapid test kit.Adapun hasil dari pengujian sampel ini adalah sebagai berikut :

No Tanggal Lokasi Pengambilan Sampel Sampel yang di ambil Hasil Uji Pestisida
1. 23 Juli 2018 Kelompok Ngudi Rahayu    

 

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Pelatihan Pertanian Terbarukan

Cempaka, 19 Maret 2020 UPT BPP Cempaka beserta penyuluhnya melaksanakan Pelatiha

Penyuluhan B2SA Oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru

Kegiatan Penyuluhan B2SA rutin dilakukan setiap 1 tahun sekali. B2SA  

Konsultasi Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke DKP-3

Pada kesempatan kali ini para Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat melaku