PERTEMUAN/KOORDINASI AKSES PANGAN MASYARAKAT

Write on Selasa, 19 Mar 2019 by: Melly

Pertemuan Akses Pangan Masyarakat yang bertempat di GAPOKTAN "Maju Makmur" Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka pada hari Selasa, tanggal 19 Maret 2019 selain bertujuan untuk menjalin tali silaturrahmi juga merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi setiap tahunnya, dimana pelaksanaan 2 kali dalam setahun yang di laksanakan oleh Bidang Ketahanan Pangan, pada Kegiatan Seksi Ketersediaan Distribusi dan Cadangan Pangan.

Pertemuan ini dihadiri oleh Kasi Ketersediaan dan Distribusi (Ibu Siti Rabiah, SP) dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimatan Selatan, Kepala Seksi Ketersedian, Distribusi dan Cadangan Pangan (Hardi,SP), Staf Bidang Ketahanan Pangan, Kepala UTP.BPP Cempaka, Koordinator, PPL wilayah Bangkal, Pengawas Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Kec.Cemapaka , Ketua Gapoktan (H.Basuni) beserta para Kelompok Tani Wilayah Bangkal.

GAPOKTAN "Maju Makmur" adalah satu-satunya Gapoktan yang ada di Kota Banjarbaru yang menerima Bantuan P-LDPM (Pengembangan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat) TA. 2016 dan TA. 2017, akan tetapi di TA.2018 dan TA.2019 tidak mendapatkan lagi bantuan karena diusahakan untuk pengembangan bantuan dari tahun sebelumnya.

Adapun hasil pertemuan kali ini dari pihak Dinas Ketahanan Pangan Provinsi  Kalimantan Selatan bisa memberikan peluang dengan mengajukan E- proposal bantuan mesin penggilingan padi dan penjemuran padi, untuk di Tahun ANGGARAN 2020. Karena untuk kelompok tani "Maju Makmur" karena belum memiliki mesin penggilingan.

Kelompok Usaha Tani "Maju Makmur" pada tahun pertama tercatat mendapat keuntungan, dimana keuntungan ini digunakan kelompok untuk pembayaran hutang pembangunan gudang, karena dana bantuan bantuan pemerintah belum mencukupi sehingga dari keuntungan penjualan gabah ini Kelompok Tani "Maju Makmur" dapat menutupi kekurangannya.

Masalah yang ada untuk stock opname pada bulan Desember tahun 2018 harga gabah relatif tetap belum ada kenaikan dari pembelinya, jadi kemungkinan untuk untung sangatlah kecil, usaha penjualan gabah masih terkendala tenaga yang menanganinya, karena msing-masing pengurus mempunyai kesibukan sendiri seperti mengurus sawah, akan tetapi tetap di usahakan agar gabah yang ada bisa terjual, demikian ulasan dari H.Basuni selaku ketua GAPOKTAN "Maju Makmur" Kel.Bangakal Kecamatan Cempaka 

Kerjasama yang sudah terjalin antara dinas Ketahanan Pangan Provinsi, Dinas Ketahaan Pangan Kota Banjarbaru,  BPP CEmpaka dan Patani bisa terus terjaga dan dan terjalin sehinga bila ada informasi terbaru untuk kesejahteraan petani bisa langsung ditindaklanjuti. 

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Bimtek Teknis (KRPL) menuju B2SA Se-Kota Banjarbaru TA.2019

Kegiatan Bimtek Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT)- Kawasan Rumah Pangan Lestari

Kegiatan Lomba Hari Ulang Tahun Ke - 74 Republik Indonesia

Banjarbaru, 21 Agustus 2019 bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan,

Program Hatinya PKK

Banjarbaru, 19 Agustus 2019 Ketua TP. PKK Provinsi Kalimantan Selatan