PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN SEGAR DAN SEHAT KEGIATAN PENINGKATAN MUTU DAN KEAMANAN PANGAN

Write on Selasa, 04 Sep 2018 by: Melly
  1. PENDAHULUAN
  1. Umum/Latar Belakang

Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, oleh karena itu pemenuhan atas pangan yang cukup, bergizi dan aman menjadi hak asasi setiap rakyat Indonesia untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas dalam melaksanakan pembangunan nasional.

Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia, serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan , dan budaya.  Keamanan pangan menjadi hal yang sangat penting di dalam ketahanan pangan, karena dapat berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kualitas SDM. 

Pangan segar adalah pangan yang belum mengalami pengolahan yang dapat dikonsumsi langsung dan atau dapat menjadi bahan baku pengolahan pangan

Tujuan utama penanganan keamanan pangan bukan hanya dari segi perdagangan semata, namun sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dari dampak buruk yang diakibatkan oleh konsumsi pangan yang tidak aman.

  1. Dasar Kegiatan

DPA Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru pada Bidang Ketahanan Pangan pada Kegiatan Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan TA. 2018 Kode Rekening3.03.2.03.01.16.22

  1. Maksud dan Tujuan

Agar semakin meningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya pangan yang akan di konsumsi khususnya pangan segar (sayur dan buah-buahan)

 

 

 

  1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Penyuluhan keamanan pangan segar dan sehat ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 2 Mei 2018, bertempat di Balai Pertemuan Gapoktan Berkat Karya Bersama Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang

 

  1. HASIL KEGIATAN

Penyuluhan keamanan pangan segar dan sehat ini dihadiri oleh Kepala Dinas, Kabid Ketahanan pangan, Kasi Mutu Keamanan Pangan, Kasi Ketersediaan, Distribusi dan Cadangan Pangan, Kasi Penganekaragaman Konsumsi Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, Kabid Keamanan Pangan dan Kasi Pengawasan Keamanan Pangan Dinas Provinsi Kalimantan Selatan, Penyuluh Pertanian Kecamatan Liang Anggang serta beberapa kelompok tani yang ada di Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang anggang.

Penyuluhan kali ini bertujuan agar Kelompok Tani ini mengetahui bahwa keamanan pangan merupakan syarat penting yang harus melekat pada pangan yang hendak dikonsumsi oleh semua masyarakat, dan juga dapatmengetahui bahwa pangan yang aman adalah pangan yang bebas dari bahaya biologis berupa cemaran dari bahan mikroba dan parasite yang bisa menyebabkan penyakit maupun keracunan, bahaya kimia berupa adanya cemaran fisik pada pangan atau bahan pangan berupa benda-benda asing yang tidak boleh ada di dalam pangan dan membahayakan bila di konsumsi dan untuk bahaya fisik berupa cemaran bahan-bahan kimia beracun yang dapat menyebabkan keracunan atau penyakit yang masuk ke dalam pangan baik disengaja maupun tidak disengaja.

Selama ini kebanyakan petani khususnya sayur masih memupuk tanamannya menggunakan pupuk kimia dan bahan-bahan kimia lainnya yang sebenarnya dapat merusak unsur hara tanah dan juga akan semakin mengurangi tingkat produksi tanaman yang ditanam akibat penggunaan bahan kimia secara terus menerus selain itu dampak negatif lainnya adalah berupa cemaran bahan kimia terhadap sayur yang akan di konsumsi.

Untuk mengurangi tumbuhnya rasa ketergantungan petani terhadap penggunaan pestisida tersebut maka diadakan penyuluhan mengenai penggunaan dan manfaat pestisida yang ramah lingkungan.

Gapoktan Berkat Karya Bersama ini sudah mempunyai Koperasi yang merupakan mitra binaan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan juga gapoktan ini sudah memiliki klinik pertanian tanaman.

  1. KESIMPULAN DAN SARAN

Melalui kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat merubah kebiasaan petani dalam penggunaan pupuk yang mengandung pestisida menjadi pupuk organik atau pupuk yang ramah terhadap lingkungan.

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Sukseskan Hari Pangan Sedunia Ke XXXVIII Tahun 2018 Di Kalimantan Selatan (Banjarbaru dan Barito Kuala)

Kamis 11 Oktober 2018 bertempat di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Mandastana Bar

PENYULUHAN PPH

HARI / TANGGAL            

PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN SEGAR DAN SEHAT KEGIATAN PENINGKATAN MUTU DAN KEAMANAN PANGAN

PENDAHULUAN Umum/Latar Belakang Pangan merupakan salah satu kebutuhan d