PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN SEGAR DAN SEHAT KEGIATAN PENINGKATAN MUTU DAN KEAMANAN PANGAN

Write on Selasa, 04 Sep 2018 by: Melly
  1. PENDAHULUAN
  1. Umum/Latar Belakang

Urusan pangan merupakan hal yang sensitif, segala hal yang terkait dengan pangan akan menarik perhatian publik, baik dari sisi harga maupun keamanan pangannya. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, masyarakat berusaha memperolehnya dari berbagai outlet pangan dari outlet besar, seperti hypermarket dan supermarket hingga outlet kecil seperti warung atau stand semi permanen. Masing-masing jenis outlet pangan ini memiliki daya tarik sendiri bagi konsumen.

Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) belakangan ini mendapat perhatian khusus, karena membanjirnya produk buah dan sayuran segar yang berasal luar negeri ke wilayah Indonesia. Pangan Segar Asal Tumbuhan merupakan pangan yang berisiko tinggi terhadap cemaran kimia (residu pestisida, mikotoksin, logam berat) yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia, serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan , dan budaya.  Keamanan pangan menjadi hal yang sangat penting di dalam ketahanan pangan, karena dapat berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kualitas SDM. 

Pangan segar adalah pangan yang belum mengalami pengolahan yang dapat dikonsumsi langsung dan atau dapat menjadi bahan baku pengolahan pangan

Tujuan utama penanganan keamanan pangan bukan hanya dari segi perdagangan semata, namun sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dari dampak buruk yang diakibatkan oleh konsumsi pangan yang tidak aman.

  1. Dasar Kegiatan

DPA Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru pada Bidang Ketahanan Pangan pada Kegiatan Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan TA. 2018 Kode Rekening3.03.2.03.01.16.22

  1. Maksud dan Tujuan

Agar semakin meningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya pangan yang akan di konsumsi khususnya pangan segar (sayur dan buah-buahan).

  1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Penyuluhan keamanan pangan segar dan sehat ini dilaksanakan pada hari kamis tanggal 19 Juli 2018, bertempat di Aula UPT BPP Cempaka Kecamatan Cempaka.

 

  1. HASIL KEGIATAN

Penyuluhan keamanan pangan segar dan sehat ini dihadiri oleh Kepala Bidang Ketahanan pangan, Kasi Mutu Keamanan Pangan,  Kasi Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Kepala UPT BPP Cempaka dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Cempaka.

Penyuluhan kali ini mengenai Deteksi Dini Melalui Rapid Test Kit Terhadap Zat Berbahaya Pada Pangan Segar. Rapid Test Kit adalah uji cepat keamanan pangan yang terdiri dari satu atau beberapa bagian alat dan zat kimia tertentu untuk mendeteksi bahaya pada pangan segar yang disebabkan cemaran kimia maupun biologis.

Adapun Rapid Test Kit yang dipakai pada penyuluhan kali ini adalah Residu Pestisida, sedangkan untuk pangan segar yang di uji adalah Cabe Merah Besar, Kacang Panjang, Terong dan Tomat.Hasil pengujian yang telah dilaksanakan bahwa Cabe Merah Besar, Kacang Panjang, Terong dan Tomat Negatif Pestisida.

Residu Pestisida mempunyai pengaruh yang sangat merugikan terhadap kesehatan manusia yang mana dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker, cacat dan merusak sistem syaraf, endokrin, reproduktif dan sistem kekebalan.

  1. KESIMPULAN DAN SARAN

Melalui kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat merubah kebiasaan petani dalam penggunaan pupuk yang mengandung pestisida menjadi pupuk organik atau pupuk yang ramah terhadap lingkungan.

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Sukseskan Hari Pangan Sedunia Ke XXXVIII Tahun 2018 Di Kalimantan Selatan (Banjarbaru dan Barito Kuala)

Kamis 11 Oktober 2018 bertempat di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Mandastana Bar

PENYULUHAN PPH

HARI / TANGGAL            

PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN SEGAR DAN SEHAT KEGIATAN PENINGKATAN MUTU DAN KEAMANAN PANGAN

PENDAHULUAN Umum/Latar Belakang Pangan merupakan salah satu kebutuhan d