BIMBINGAN TEKNIS PENYULUH PERTANIAN KOTA BANJARBARU TAHUN 2019

Write on Senin, 29 Apr 2019 by: fikri

Kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Pertanian Kota Banjarbarudilaksanakan pada hari Senin tanggal 29 April 2019.  Tempat Bimbingan Teknis dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru. Peserta berjumlah 29 orang yang terdiri dari Penyuluh Pertanian dan THL-TB PPse-Kota Banjarbaru. Dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis tersebut juga dihadiri oleh pelaksana/staf di lingkup SKPD Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru. 

Narasumber berasal dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Ibu Siti Hamdah, SP, MT) dengan judul materi “KOMUNIKASI DALAM PENYULUHAN PERTANIAN”
  2. Kepala Seksi Pengembangan SDM Penyuluhan dan Petani  (Sutaji, S.IP, SP) dengan judul materi “PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU”
  3. KJF Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru        (Rezani Mahakam, SP) dengan judul materi “PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN POLA KARIER PEJABAT FUNGSIONAL PENYULUH PERTANIAN”

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyuluh PertanianKota Banjarbaru dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya peranan penyuluh dalam pembangunan pertanian, dimana penyuluh adalah motor penggerak pembelajaran terhadap petani dari tradisional menjadi modern, sebagai peran fasilitator, pendidik, utusan atau wakil dan teknikal..

Bimbingan Teknis bagi penyuluh sangatlah penting dalam upaya pemberian tambahan kemampuan ilmu dan teknologi untuk mengoptimalkan pendampingan kepada petani, mengingat ilmu dan teknologi berkembang setiap saat.

Bimbingan Teknis tersebut tidak sebatas kegiatan transformasi teknologi tetapi lebih kepada pemberdayaan dan pendidikan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para penyuluh yang selanjutnya bisa ditularkan kepada petani.

Khususnya penyuluh pertanian diharapkan agar mengikuti Bimbingan Teknis tersebut dengan semangat dan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pendampingan kepada petani, ini mengingat ilmu danteknologi berkembang setiap saat, jangan sampai penyuluh kalah cepat dalam perkembangan teknologi dibandingkan petani.

Dari bidang Penyuluhan sendiri melakukan pembinaan kepada petani melalui penyuluh pertanian agar bisa lebih tanggap dalam menghadapi berbagai permasalahan di lapangan dan dapat memberikan solusi dan arahan yang tepat guna kepada petani.

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

DARI PADI MENUJU HORTI

Memulai sesuatu yang baru bagi sebagian orang mungkin tidak begitu menarik, akan

Bimtek Teknis (KRPL) menuju B2SA Se-Kota Banjarbaru TA.2019

Kegiatan Bimtek Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT)- Kawasan Rumah Pangan Lestari

Kegiatan Lomba Hari Ulang Tahun Ke - 74 Republik Indonesia

Banjarbaru, 21 Agustus 2019 bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan,