Kegiatan Pengambilan Sampel Sayur Segar Dalam Rangka Pengawasan Keamanan Pangan SegarDi Kelompok Ngudi Rahayu Kelurahan Syamsudin Noor Kecamatan Landasan Ulin

Write on Selasa, 04 Sep 2018 by: Melly

Hari/Tanggal                                   :     Senin / 23 Juli 2018

Hasil Pengambilan Sampel :

Pangan dibagi tiga golongan yaitu pangan segar, pangan olahan dan pangan siap saji.Pangan segar adalah pangan yang belum mengalami pengolahan yang dapat dikonsumsi langsung dan atau dapat menjadi bahan baku pengolahan pangan

Tujuan dari kegiatan pengawasan keamanan pangan segar adalah untuk memastikan pemenuhan persyaratan keamanan dan mutu pangan segar sesuai ketentuan

Berdasarkan PP no. 28 Tahun 2004 tentang Keamanan Mutu dan Gizi Pangan, bahwa persyaratan keamanan pangan adalah standar dan ketentuan-ketentuan lain yang harus dipenuhi untuk mencegah pangan dari kemungkinan adanya bahaya, baik karena cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia.

Keamanan pangan merupakan salah satu aspek penting yang menentukan kualitas SDM. Konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang tidak akan berarti, jika makanan yang dikonsumsi masyarakat tidak aman dari cemaran kimia maupun mikroba. Pangan yang tercemar mikroba menyebabkan berbagai kasus Penyakit Bawaan Makanan (PBM), seperti diare. Sedangkan pangan yang terkontaminasi cemaran kimia, seperti residu pestisida dan toksin diduga sebagai penyebab penyakit kanker.

Kelompok Ngudi Rahayu ini terdiri dari 23 orang, dimana luas lahan yang dimiliki ± 1 ha, adapun komoditas yang ditanam adalah cabe merah keriting, cabe rawit, tomat, melon, buncis, kacang panjang, terong dan timun.

Penyemprotan pupuk yang dilakukan oleh kelompok ini±4 hari sekali dalam seminggu, adapun pupuk yang digunakan adalah pupuk anorganik dengan merk Amistar Top dengan dosis dibawah dosis yang dianjurkan.

Pengambilan Sampel sayur segar di Kelompok Ngudi Rahayu Kelurahan ini diambildi tempat Bapak Saqina antara lain :

  1. Cabe Merah Keriting
  2. Cabe Rawit
  3. Melon

Hasil dari pengambilan sampel sayur dan buah segar di Kelompok Ngudi Rahayu ini kemudian di uji Pestisida dengan menggunakan rapid test kit.

Adapun hasil dari pengujian sampel ini adalah sebagai berikut :

No

Tanggal

Lokasi Pengambilan Sampel

Sampel yang di ambil

Hasil Uji Pestisida

1.

23 Juli 2018

Kelompok Ngudi Rahayu

 

  • Cabe Merah Keriting
  • Cabe Rawit
  • Melon
  • Cabe Merah Keriting untuk Uji Pestisida  Positif (+)
  • Cabe Rawit dan Melon untuk Uji Pestisida Negatif (-)

 

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Peningkatan Wawasan Kepala BPP, Penyuluh & Pendamping

Dalam rangka Peningkatan Kapasitas dan Wawasan Kepala BPP, Penyuluh dan Pendampi

Rapat Penyusunan Programa Penyuluhan Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2019

Acara : Rapat Penyusunan Programa Penyuluhan Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2019

Keakraban di SLB Negeri Pembina Landasan Ulin Barat Kota Banjarbaru

Hai Sahabat Tani (Sani), sudah bulan Oktober nih dan pastinya ada moment ha