MUSYAWARAH PEMBENTUKAN GAPOKTAN DI KELURAHAN LOKTABAT UTARA

Write on Senin, 10 Dec 2018 by: fikri

Hari / Tanggal           : Senin / 10 Desember 2018

Waktu                         : 10.00 - selesai

Tempat                       : Aula Kelurahan Loktabat Utara

Peserta                        : 22 orang

 

Untuk meningkatkan skala usaha dan peningkatan usaha ke arah komersial, kelompok tani dapat dikembangkan melalui kerjasama antar kelompok dengan membentuk Gapoktan. Gabungan Kelompok Tani atau GAPOKTAN adalah gabungan dari beberapa kelompoktani yang melakukan usaha agribisnis di atas prinsip kebersamaan dan kemitraan sehingga mencapai peningkatan produksi dan pendapatan usahatani bagi anggotanya dan petani lainnya.

Menurut Peraturan Menteri Pertanian Nomor 82/Permentan/OT.140/8/2013 Tentang Pedoman Pembinaan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani, Gabungan kelompoktani berfungsi untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan usaha bersama mulai dari sektor hulu sampai hilir secara komersial dan berorientasi pasar. Pada tahap pengembangannya gapoktan tersebut dapat memberikan pelayanan informasi, teknologi dan permodalan kepada anggota kelompoknya serta menjalin kerjasama dengan pihak lain. Diharapkan penggabungan poktan dalam gapoktan akan menjadikan kelembagaan petani yang kuat dan mandiri serta berdaya saing. 

Maka dari itu diadakan musyawarah untuk membentuk Gapoktan di kelurahan Loktabat Utara. Kelurahan Loktabat Utara memiliki 12 kelompok tani yang terdiri dari 7 kelompok tani dewasa dan 5 kelompok wanita tani. Musyawarah pembentukan gapoktan ini dihadiri oleh Lurah Loktabat Utara (Bp Indra Adiwijaya), Kepala UPT BPP Banjarbaru (Bp Gunardi), Koordinator Penyuluh DKP3 Kota Banjarbaru (Bp Rezani Mahakam), KJF Programa (Bp M.Firman Nafarin), KJF Sumber Daya (Ibu Nor Zainap), KJF Supervisi (Ibu Nining), PPL loktabat Utara (Yuanita M), serta Pengurus dari 12 kelompok tani.

Hasil musyawarah diperoleh nama Gapoktan yaitu Gapoktan “Subur Sejahtera” yang di ketuai oleh Bp Nyoto Warno, serta dibentuk pula beberapa pengurus dan seksi-seksi dalam organisasi Gapoktan. Ketua Gapoktan Subur Sejahtera Bp Nyoto Warno, mengatakan lembaga utama yang akan menjadi pendamping Gapoktan adalah Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru yang akan melakukan pembinaan melalui penyuluhan ataupun pelatihan serta berupa bantuaan-bantuan bibit dan alat pertaniaan.

Terimakasih kepada :

  1. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru
  2. Lurah Loktabat Utara
  3. Kepala UPT BPP Banjarbaru
  4. Koordinator Penyuluh se Kota Banjarbaru
  5. KJF UPT BPP Banjarbaru
  6. Rekan-rekan Penyuluh BPP Banjarbaru
  7. Kelompok Tani yang ada di Kelurahan Loktabat Utara, serta
  8. semua pihak yang telah membantu kelancaran acara ini
Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Sosialisasi Bidang Ketahanan Pangan TA.2019

Pada Hari Rabu tanggal 27 Pebruari 2019 telah di adakan Rapat Sosialisasi Bidang

Test Pengadaan Calon P3K Penyuluh Pertanian

Pelaksanaan seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

Kunjungan Dinas Ketahanan Pangan HSU (Amuntai)

Pada tanggal 3 Pebruari Hari Minggu telah berhadir kunjungan Dinas Ketahanan Pan