PERTEMUAN RUTIN KELOMPOK TANI MEKAR JAYA LESTARI KELURAHAN LOKTABAT UTARA KECAMATAN BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU

Write on Senin, 04 Feb 2019 by: fikri

Lain Pulau Jawa lain lagi Pulau Kalimantan, tidak seperti halnya kelompok tani di Pulau Jawa yang sudah maju dan lebih eksis ketimbang kelompok tani di Pulau Kalimantan. Hal tersebut menjadi pemacu semangat Kelompok Tani Mekar Jaya Lestari untuk menjadi salah satu kelompok tani aktif di kelurahan Loktabat Utara. Kelompok Mekar Jaya Lestari mayoritas anggotanya bergerak dalam bidang tanaman pangan (jagung & ubi kayu), tanaman hortikultura dan ternak.

Pertemuanrutin dilakukan setiap bulannya pada minggu pertama setiap bulannya. Yang dilaksanakan di rumah/dipodok anggota kelompok tani Mekar Jaya Lestari. Kelompok ini beranggotakan 32 orang, setiap pertemuan sekurang-kurangnya dihadiri oleh 17 orang anggota. Yang mana didampingi oleh 1 orang penyuluh pertanian.

Agenda rutin dalam pertemuan kelompok diantaranya adalah arisan kelompok, pelaporan pengambilan pupuk bersubsidi, laporan keuangan kelompok, laporan penggunaan alsintan, tanyajawab seputar kegiatan anggota kelompok, penyampaian informasi-informasi oleh PPL tentang program Dinas ketahanan pangan pertanian dan perikanan kota banjarbaru dan hal-hal yang dianggap penting dalam kelompok.

Bantuan yang telah di terimaolehKelompok Tani Mekar Jaya Lestari yaitu ; 1 paket bantuan Kawasan aneka cabe yang  terdiri dari mulsa, cultivator 1 unit, Benih Cabe besar, pupuk NPK, pupuk hayati, insektisida, fungisida, dan pompa air 2 unit), Bantuan APBD tahun 2017 1 unit cultivator, Bantuan APBN tahun 2018 sapi sebanyak 3 ekor, dan yang baru-baruini mendapatkan bantuan pembuatan irigasi air tanah (pembuatanpompanisasi). Semoga dengan adanya bantuan-bantuan tersebut dapat mempermudah dan memotivasi dalam berusaha tani.

Oleh : Yuanita Meirindawati, SST (PPL UPT BPP Banjarbaru)

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

PENGEMBANGAN PADI BEBAS RESIDU

Penggunaan pestisida kimia memang dapat menyelamatkan pertanaman padi dari kegag

Farm Field Day Panen Melon dan Tomat

Banjarbaru, 17 Juni 2019  dilaksanakan Farm Field Day panen melon dan tomat

Penyuluhan Pola Pangan Harapan (PPH)

Pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2019 Bidang Ketahanan Pangan Seksi Penganekaragam