Program Hatinya PKK

Write on Selasa, 20 Aug 2019 by: dhanie

Banjarbaru, 19 Agustus 2019 Ketua TP. PKK Provinsi Kalimantan Selatan dan Ketua TP. PKK Kota Banjarbaru bersama Dinas terkait di lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru mendampingi Tim Juri verifikasi lapangan Tingkat Provinsi, untuk mengunjungi sekaligus menilai Program Hatinya PKK yg dilaksanakan oleh TP.PKK Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru , tepatnya oleh KWT Galuh Mandiri (Ketua Bu Matsudah) di Komplek GGCIP HERO Puskopad RT. 50 Kelurahan Guntung Manggis dengan kegiatan dasawismanya , ada program bank sampah, kios tani, rumah jamur, pokdakan, dan pemanfaatan pekarangan untuk menunjang dan memenuhi kebutuhan akan sayur dan rempah-rempah untuk rumah tangga.

GERAKAN HATINYA PKK

Gerakan HATINYA PKK adalah singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama Tim Penggerak PKK. Ini merupakan salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (POKJA III)  PKK seluruh Indonesia. Dimana melalui program ini Tim Penggerak PKK membina kader PKK serta masyarakat untuk dapat bergerak memanfaatkan halaman pekarangan rumahnya masing-masing,walaupun kecil dan minimalis, untuk diolah, diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya. Disamping juga ditata menjadi cantik, asri dan menyejukkan mata dengan bunga dan tanaman hijau lainnya.

Salah satu pemanfaatan pekarangan, diantaranya kebun gizi keluarga dengan buah dan sayur, apotik hidup dengan tanaman obat tradisional, warung hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta tanaman pelindung/tanaman Keras.

Penataan halaman juga diperhatikan dengan menata sarana pembuangan limbah rumah tangga, sehingga tidak terdapat genangan di halaman rumah yang dapat menjadi sumber penularan penyakit serta penataan halaman dengan aneka tanaman hias, gar menimbulkan kesan ASRI pada rumah tersebut, dan memelihara kebersihan, keindahan serta kenyamanan lingkungan.

Melalui gerakan Hatinya PKK kita harapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

Mari Kita  manfaatkan lahan pekarangan semaksimal mungkin melalui Hatinya PKK dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman,  ternak dan ikan akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus guna pemenuhan gizi keluarga dan dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga.

Dokumentasi : Program Hatinya PKK

Comment: 0 Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

DARI PADI MENUJU HORTI

Memulai sesuatu yang baru bagi sebagian orang mungkin tidak begitu menarik, akan

Bimtek Teknis (KRPL) menuju B2SA Se-Kota Banjarbaru TA.2019

Kegiatan Bimtek Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT)- Kawasan Rumah Pangan Lestari

Kegiatan Lomba Hari Ulang Tahun Ke - 74 Republik Indonesia

Banjarbaru, 21 Agustus 2019 bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan,


Leave a Comment