BIMBINGAN TEKNIS PENYULUH PERTANIAN SWADAYA KOTA BANJARBARU TAHUN 2019

Write on Rabu, 26 Jun 2019 by: fikri

Latar Belakang

                Pembangunan pertanian mempunyai tujuan tercapainya peningkatan kualitas sumberdaya manusia, termasuk di dalamnya mengembangkan peran serta kemandirian para pelakunya, terutama penyuluh Kota Banjarbaru dan pihak-pihak yang berada dalam lingkup instansi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru.  Keberhasilan pembangunan pertanian yang berkesinambungan sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian.

                Penyuluh Swadaya adalah pelaku utama yang berhasil dalam usaha taninya dan warga masyarakat lain yang mau dan mampu menjadi penyuluh.   Mereka dapat berasal dari kontak tani / petani maju.

                Adapun tugas dan fungsi penyuluh pertanian swadaya adalah sebagai mitra penyuluh pertanian PNS, penyuluh swadaya melakukan kegiatan penyuluhan bagi pelaku utama, baik secara sendiri - sendiri maupun bekerjasama.  Dalam melaksanakan tugasnya penyuluh swadaya berkewajiban melakukan koordinasi dan berkonsultasi dengan penyuluh pertanian PNS dan kelembagaan yang membidangi penyuluh pertanian di wilayahnya, mengikuti diklat di bidang penyuluhan pertanian dan membuat laporan.  Mereka bekerja atas dasar sukarela tanpa menerima gaji / honor sebagaimana penyuluh pertanian PNS.

                Dalam rangka membangun pertanian yang tangguh dan keberhasilan pertanian maka para pelaku pembangunan pertanian perlu memiliki kemampuan dalam memanfaatkan segala sumberdaya yang ada secara optimal, mengatasi segala hambatan dan rintangan.  Penyuluh yang berkualitas dan profesional tentunya menjadi bekal dalam membangunpetani yang kreatif, inovatif dan kredibel dan mampu bersaing di era globalisasi.  Maka pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyuluh Swadaya Kota Banjarbaru ini sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan dan keterampilanbagi penyuluh swadaya.

Tujuan

                Tujuan yang ingin dicapai dilaksanakannya Kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Swadaya Kota Banjarbaru adalah sebagai berikut :

  • Dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penyuluh dalam kegiatan penyuluhan kepada petani dan kelompok petani yang mereka bina.
  • Dapat meningkatkan usaha petani melalui kegiatan usaha pertanian yang bernilai ekonomi tinggi dengan modal usaha yang dapat dijangkau oleh petani dan pengelolaan yang cukup mudah.
  • Dapat mengembangkan kemampuannya di segala sektor dalam rangka meningkatkan pendapatan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan petani dan keluarganya.
  • Dapat menerapkan teknologi praktis dan mengembangkan inovasi inovasi di bidang pertanian kepada petani yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas sektor pertanian.

Pelaksanaan kegiatan

            Pelaksanaan kegiatan berdasarkan Surat dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Nomor  : 500/0893/Luh/DKP-3/Tanggal 25 Juni 2019tentang persetujuan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Penyuluh Swadaya Kota Banjarbaru dan Surat Undangan pelaksanaan kegiatan dari Kepala  Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Nomor  : 005/0892/LUH/DKP-3Tanggal 26 Juni 2019.

a.Waktu dan Tempat

            Kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Pertanian Swadaya Kota Banjarbaru dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 28 Juni 2019 dan dilaksanakan di UPT Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Cempaka Jalan Mistar Cokrokusumo Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka

b.Peserta

Peserta berjumlah 30 orang yang terdiri dari penyuluhpertanian swadaya se-Kota Banjarbaru dan dihadiri juga oleh pihak-pihak yang berada dalam lingkup instansi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru.

Narasumber

Narasumber berasal dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru (Siti Hamdah, SP, MT) dengan judul materi “PARADIGMA BARU PENYULUHAN PERTANIAN”
  2. Kepala Seksi Pengembangan SDM Penyuluhan dan Petani  (Sutaji, S.IP, SP) dengan judul materi “DASAR-DASAR PENYULUH PERTANIAN”
  3. Penyuluh Pertanian Madya  (Ir. M. Barzani) dengan judul materi “MENATA SISTEM PENYULUHAN PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN DI KALIMANTAN SELATAN”

 

Adapun Hasil dari Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Swadaya Kota Banjarbaru adalah penyuluh swadayadapat memberikan informasi, pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai inovasi-inovasi di bidang pertanian.

            Penyuluh swadaya dan instansi terkait khususnya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dapat memberikan pembinaan pada produk-produk unggulan supaya berdaya guna dan bernilai guna tinggi yang akan meningkatkan pendapatan petani.

            Dari bidang Penyuluhan sendiri melakukan pembinaan kepada penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan agar bisa lebih tanggap dalam menghadapi berbagai permasalahan di lapangan dan dapat memberikan solusi dan arahan yang tepat guna kepada petani.

            Dengan terlaksananya kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Pertanian Swadaya Kota Banjarbaru, maka diharapkan :

  • Penyuluh Pertanian Swadaya mengerti dan paham tentang paradigma penyuluhan dimana terjadi pergeseran dari paradigma lama ke paradigma baru.
  • Penyuluh Pertanian Swadaya mengerti dan paham tentang peran dan tugas penyuluh.
  • Penyuluh Pertanian Swadaya mengerti dan paham tentang Dasar-dasar Penyuluhan Pertanian, dimana penyuluhan pertanian sebagai proses pendidikan/pembelajaran.
  • Penyuluh Pertanian Swadaya mengerti dan paham tentang bagaimana menata sistem penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan di Kalimantan Selatan..

Penyuluh Pertanian Swadaya bersama dengan Penyuluh Pertanian PNS dapat melaksanakan fungsinya sebagai berikut :

  • dapat menyusun rencana kegiatan penyuluhan pertanian sesuai kebutuhan pelaku utamanya
  • Melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian sesuai dengan rencana kerja penyuluh yang telah di susun.
  • Berperan serta dalam pertemuan dengan penyuluh pertanian PNS, THL-TB PP, pelaku usaha dan pelaku utama.
  • Mengikuti kegiatan rembug tani, pertemuan teknis dan pertemuan lapang.
  • Berperan menumbuh kembangkan kelembagaan pelaku utama.
  • Memfasilitasi kemitraan usaha antara pelaku utama dengan pelaku usaha.
  • Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan pelaku utama.
  • Menyampaikan informasi teknologi baru dan tepat guna kepada pelaku utama.
  • Melaksanakan proses pembelajaran secara partisipatif melalui berbagai media penyuluhan.
  • Menyusun laporan kegiatan penyuluhan pertanian.

            Dengan dilaksanakannya kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Swadaya akan didapatkan banyak manfaat, antara lain :

1.

Dengan adanya kegiatan tersebut Penyuluh Pertanian Swadaya bersama-sama dengan Penyuluh Pertanian PNS mitra kerjanya dapat lebih meningkatkan peranannya dalam melakukan pendampingan penyuluhan bagi kelompok penerima manfaat di wilayah kerjanya.

2.

Dapat meningkatkan motivasi Penyuluh Swadaya dalam pembangunan pertanian pada umumnya dan upaya percepatan produksi padi khususnya.

3.

Penyuluh Pertanian Swadaya mendapatkan Informasi dan Inovasi Teknologi Spesifik Lokasi.

4.

Pembinaan dengan melakukan evaluasi penyuluhan pertanian.

5.

Penumbuhan dan pemberdayaan penyuluh pertanian swadaya.

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Pelatihan Pertanian Terbarukan

Cempaka, 19 Maret 2020 UPT BPP Cempaka beserta penyuluhnya melaksanakan Pelatiha

Penyuluhan B2SA Oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru

Kegiatan Penyuluhan B2SA rutin dilakukan setiap 1 tahun sekali. B2SA  

Konsultasi Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke DKP-3

Pada kesempatan kali ini para Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat melaku