BIMBINGAN TEKNIS KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SE-KOTA BANJARBARU TAHUN 2019

Write on Rabu, 14 Aug 2019 by: fikri

Latar Belakang

                Salah satu persyaratan untuk meningkatkan peran sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi nasional adalah tersedianya sumberdaya manusia (SDM) pertanian yang profesional, inovatif kreatif dan berwawasan global. Sumber daya manusia tersebut dapat dibangun antara lain melalui kegiatan Pelatihan berbasis kompetensi, disamping kegiatan pengembangna SDM lainnya.

                Pembangunan pertanian mempunyai tujuan tercapainya peningkatan kualitas sumberdaya manusia, termasuk di dalamnya mengembangkan peran serta kemandirian para pelakunya, terutama petani dimana keberhasilan pembangunan pertanian yang berkesinambungan sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian.

                Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan suatu perkumpulan ibu-ibu tani atau perempuan di pedesaan yang memiliki aktifitas berupa kegiatan pertanian atau kegiatan lain untuk meningkatkan kesejahteraan.   KWT juga merupakan kegiatan sosial masyarakat, khususnya perempuan yang berupaya untuk mengembangkan dan menciptakan produk-produk hasil pertanian yang ada di lingkungan setempat.

                Dalam rangka membangun pertanian yang tangguh dan keberhasilan pertanian maka para pelaku pembangunan pertanian perlu memiliki kemampuan dalam memanfaatkan segala sumberdaya yang ada secara optimal, mengatasi segala hambatan dan rintangan.  SDM Petani yang berkualitas dan profesional tentunya menjadi bekal dalam membangunpetani yang kreatif, inovatif dan kredibel dan mampu bersaing di era globalisasi.  Maka pelaksanaan PelatihanKelompok Wanita Tani (KWT) Kota Banjarbaruini sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha/petani.

                Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dalam mendukung program pembangunan pertanian melalui gerakan pemberdayaan petani melalui penyuluhan dan pelatihan.  Gerakan pemberdayaan petani merupakan sebuah konsepsi keberpihakan pada petani yang melibatkan dan mengoptimalkan peran semua komponen untuk mencapai kesejahteraan petani.

Tujuan

                Tujuan yang ingin dicapai dilaksanakannya Kegiatan Bmbingan Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kota Banjarbaru Tahun 2019 adalah sebagai berikut :

  • Dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta mempersiapkan wanita tani dalam melaksanakan fungsinya sebagai kelas belajar, usaha kerjasama dan unit produksi.
  • Dapat meningkatkan pengetahuan, kecakapan dan keterampilan wanita tani dalam menerapkan teknologi pengolahan hasil pertanian yang lebih menguntungkan.
  • Dapat mendorong partisipasi wanita dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap wanita tani agar mampu melaksanakan perannya selaku mitra usaha keluarga tani.
  • Dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dan kelompok wanita tani di Kota Banjarbaru.
  • Dapat meningkatkan usaha wanita tani melalui kegiatan usaha pertanian yang bernilai ekonomi tinggi dengan modal usaha yang dapat dijangkau oleh petani dan pengelolaan yang cukup mudah.
  • Dapat mengembangkan kemampuannya di segala sektor dalam rangka meningkatkan pendapatan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan wanita tani dan keluarganya.
  • Dapat menerapkan teknologi praktis dan mengembangkan inovasi inovasi di bidang pertanian kepada wanita yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas sektor pertanian.

Pelaksanaan kegiatan

berdasarkan pada :

  • DPA SKPD Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Tahun Anggaran 2019.
  • Surat dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Nomor  : 942/1147/Luh/DKP-3 Tanggal 8 Agustus 2019 tentang persetujuan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kota Banjarbaru Tahun 2019.
  • Surat Undangan Nomor  : 005/1146/Luh/DKP-3Tanggal 8 Agustus 2019.

a.Waktu dan Tempat

            Kegiatan Bimbingan Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kota Banjarbaru tahun 2019dilaksanakan pada hari Rabu - Kamis tanggal 14–15 Agustus 2019.  Tempat Bimtek dilaksanakan di Gedung Taman Agro Inovasi / KBI (Kebun Bibit Induk) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)Provinsi Kalimantan SelatanJalan RO. Ulin Banjarbaru.

b.Peserta

Peserta berjumlah 30 orang yang terdiri dari Kelompok Wanita Tanise-Kota Banjarbaru.Dalam pelaksanaan Bimtek tersebut juga dihadiri oleh pelaksana/staf dan pejabat di lingkup SKPD Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru.

c. Narasumber

Narasumber berasal dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)Provinsi Kalimantan Selatan adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru(Hj. Siti Hamdah, SP, MT) dengan materi “KEPEMIMPINAN, ORGANISASI, SIKAP, MORAL DAN ETIKA KERJA KELOMPOK”
  2. Kepala Bidang Penyuluhan (Ir. Azidin Noor, M.AP) dengan materi “PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN POKTAN DAN GAPOKTAN
  3. Kepala Seksi Pengembangan SDM Penyuluhan dan Petani (Sutaji, S.IP, SP) dengan materi “PUPUK DAN PEMUPUKAN
  4. Peneliti MudaBalai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)Provinsi Kalimantan Selatan(Susi Lesmayati, STP, M.Si) dengan materi “PRAKTEK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN”

Hasil

Adapun Hasil dari Pelaksanaan Bimbingan Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kota Banjarbaru Tahun 2019 adalah Petani dan Kelompok Wanita Tani di Kota Banjarbaru mendapatkan  informasi, pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai inovasi-inovasi di bidang pertanian.

            Bimbingan Teknis berupa pengolahan hasil pertanian adalah kegiatan yang merubah bahan pangan sehingga menjadi beraneka ragam bentuk dan macamnya, disamping juga untuk memperpanjang daya simpan.  Dengan pengolahan diharapkan bahan hasil pertanian akan memperoleh nilai tambah yang jauh lebih besar.

Diharapkan dengan adanya Bimtek tersebut menjadikan kelompok wanita tani yang Berdaya, Mandiri dan menjadi penopang kesejahteraan keluarga.

Hasil dan arah peningkatan keterampilan melalui Bimtek kelompok wanita tani ini yakni peningkatan pendapatan keluarga anggota KWT.

            Instansi terkait khususnya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dapat memberikan pembinaan pada produk-produk unggulan supaya berdaya guna dan bernilai guna tinggi yang akan meningkatkan pendapatan petanidan kelompok wanita tani.

            Meskipun hampir di seluruh Indonesia KWT sudah di bentuk, tetapi gema aktivitasnya masih sebatas pengambilan peran-peran setempat yang diangkat menjadi kegiatan-kegiatan kelompok, maka dengan adanya pelatihan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan peran dan fungsi KWT di lingkungan yang lebih luas sehingga mampu mengoptimalisasi sumberdaya dan potensi lingkungan keluarga.

            Bimbingan Teknis ini menitik beratkan pada peran serta kaum wanita dalam pembangunan sektor pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani/wanita tani.

            Disamping itu Bimbingan Teknis ini dimaksudkan untuk mendorong partisipasi wanita dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap wanita tani agar mampu melaksanakan perannya selaku mitra usaha keluarga tani.

            Dari bidang Penyuluhan sendiri melakukan pembinaan kepada petani dan kelompok wanita tani melalui penyuluh pertanian agar bisa lebih tanggap dalam menghadapi berbagai permasalahan di lapangan dan dapat memberikan solusi dan arahan yang tepat guna kepada petani.

 

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

DARI PADI MENUJU HORTI

Memulai sesuatu yang baru bagi sebagian orang mungkin tidak begitu menarik, akan

Bimtek Teknis (KRPL) menuju B2SA Se-Kota Banjarbaru TA.2019

Kegiatan Bimtek Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT)- Kawasan Rumah Pangan Lestari

Kegiatan Lomba Hari Ulang Tahun Ke - 74 Republik Indonesia

Banjarbaru, 21 Agustus 2019 bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan,