Bimtek Teknis (KRPL) menuju B2SA Se-Kota Banjarbaru TA.2019

Write on Senin, 26 Aug 2019 by: Melly

Kegiatan Bimtek Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT)- Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di KWT Mawar II Jalan Budi Karya RT.17 Kelurahan Loktabat Utara Kecamatan Banjarbaru Utara, dilaksanakan selama 2 hari ( Rabu-Kamis) pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2019 yang dihadiri oleh 6 Kelompok Wanita Tani (KWT), Para Kabid DKP3, Kasi di Lingkup DKP3, Kepala UPT.BPP Se-Kota Banjarbaru, beserta KJF dan Staf Dari Bidang Ketahanan Pangan sehingga berjumlah 100 orang.

Acara ini merupakan kegiatan dari Seksi Penganekaragaman Konsumsi Pangan yang dibidangi oleh Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, dimana pada acara ini dihadiri sekaligus di buka oleh Sekretaris DKP3 Ibu Hj. Arnawaty Sufiatin, SP, MM selaku Narasumber, Bapak Ir. H. Nefo Djumantoro Kabid Ketahanan Pangan, Ibu Wiwin Robiaty SP, MP Kasi Penganekaragaman Konsumsi Pangan dan dari Komunitas Hidropinik Bapak Asriansyah, SP,  M. Eddy Syaputra, A.Md.

Hidroponik berasal dari bahasa Mesir yaitu Hydro (Air) dan Phonos (bekerja).  Sehingga Hidroponik adalah cara bercocok tanam dengan meletakkan akar tanaman kedalam air yang mengandung nutrisi untuk mendukung perkembangan tanaman. Dimana kelebihan dari Hidroponik ini adalah :

  • Tidak memerlukan tanah dan lahan yang luas
  • Akar tanaman dapat dipantau perkembangannya dan lebih bersih
  • Penghematan dalam menggunakan pupuk
  • Sedikit kemungkinan terkena dari kotoran dan penyakit bakteri
  • Memperkecil resiko serangan hama dan penyakit tanaman
  • Tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak

Sehingga dapat disimpulkan kegiatan bimtek ini tidak menutup kemungkinan agar para Kelompok Wanita Tani (KWT)  bercocok tanam dengan memanfaatkan pekarangan salah satunya adalah dengan penanaman hidroponik, dengan tanaman yang cocok untuk lahan yang ada, tanaman selain bisa dikonsumsi juga bisa dijual guna meningkatkan pendapatan dalam rumah tangga, dapat dibikin menjadi bahan olahan dan menuju olahan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) untuk menu keluarga, sehingga keluarga sehat keluarga aman dan sejahtera.

Dokumentasi : Bimtek KRPL Menuju B2SA

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

DARI PADI MENUJU HORTI

Memulai sesuatu yang baru bagi sebagian orang mungkin tidak begitu menarik, akan

Bimtek Teknis (KRPL) menuju B2SA Se-Kota Banjarbaru TA.2019

Kegiatan Bimtek Teknis Kelompok Wanita Tani (KWT)- Kawasan Rumah Pangan Lestari

Kegiatan Lomba Hari Ulang Tahun Ke - 74 Republik Indonesia

Banjarbaru, 21 Agustus 2019 bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan,