DARI PADI MENUJU HORTI

Write on Jumat, 13 Sep 2019 by: dhanie

Memulai sesuatu yang baru bagi sebagian orang mungkin tidak begitu menarik, akan tetapi bagi Bapak Wahab, Bapak Matdun dan Bapak Utuh Anwar dari Kelompok Tani Sejahtera Kelurahan Bangkal, angan-angan itu ingin mereka wujudkan menjadi kenyataan.

Berawal dari kedatangan mereka ke kantor UPT BPP Cempaka utk bersilaturahmi selepas acara besar Panen Raya Padi di Kelurahan Bangkal, sambil menikmati beberapa potong buah melon mereka menceritakan bahwa tidak ada kegiatan berarti yang mereka lakukan.  Mereka mengungkapkan bahwa mereka ingin tetap memanfaatkan lahan persawahan dengan menanam tanaman yang dianggap potensial.  Lalu terucaplah seandainya bisa menanam buah melon..

Untuk menambah pengetahuan para petani tersebut maka tercetuslah ide dari Kepala UPT BPP Cempaka Ibu Misda Yuliana,SP untuk mengajak para petani Kelompok Tani Sejahtera pada hari Kamis, 12 September 2019 menuju Sungai Abid Kelurahan Cempaka melakukan study wisata ke kebun melon Kelompok Tani Karya Bakti dan Suka Makmur 2 Kelurahan Cempaka.

Tiba disana Petani Kelompok Tani Sejahtera di sambut oleh Bapak Suraji dari Kelompok Tani Karya Bakti dan Bapak Ustadz Malik serta Bapak Mahfud dari Kelompok Tani Suka Makmur 2.  Mereka memberikan pengetahuan dan bercerita tentang pengalaman mereka selama menjadi petani melon.  Dari hasil study wisata hari ini banyak hal yang didapat sehingga membuat Petani Kelompok Tani Sejahtera semakin berminat mencoba mengembangkan usaha tani hortikultura.  Didampingi PPL Kelurahan Bangkal dan Cempaka serta KJF SDM dan KJF Programa Kec. Cempaka kegiatan study wisata berjalan lancar.

Majulah petani kami..

petani padi menuju petani horti..

Dokumentasi : DARI PADI MENUJU HORTI

Oleh :

Yulia Resty, SP

NIP. 19860716 201503 2 002

PPL Kelurahan Bangkal

Comment: 0 Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Pelatihan Pertanian Terbarukan

Cempaka, 19 Maret 2020 UPT BPP Cempaka beserta penyuluhnya melaksanakan Pelatiha

Penyuluhan B2SA Oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru

Kegiatan Penyuluhan B2SA rutin dilakukan setiap 1 tahun sekali. B2SA  

Konsultasi Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke DKP-3

Pada kesempatan kali ini para Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat melaku


Leave a Comment