Pengambilan dan pengujian sampel sayur dan buah segar

Write on Senin, 23 Sep 2019 by: melly

Pengambilan dan Pengujian sampel sayur dan buah segar ini bertempat di KT.Ngudi Rahayu Kecamatan Landasan Ulin pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2019, dalam rangka Pengawasan Keamanan Pangan Segar seksi Mutu Keamanan Pangan pada Bidang Ketahanan Pangan. Pengawasan Keamanan Pangan Segar ini adalah upaya - upaya yang dilakukan dalam rangka menjamin keamanan pangan segar yang beredar melalui inspeksi, pengambilan, contoh, monitoring dan pengujian.

Tujuan dari pengujian ini adalah :

- Mendapatkan data dari hasil uji sampel sayur dan buah segar

- Mengetahui sejauh mana Kondisi Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan di KT.Ngudi Rahayu Kecamatan Landasan Ulin

Hasil dari Pengambilan Sampel Pangan Asal Tumbuhan (PSAT) terutama sayur dan buah segar yang berasal dari Kelompok Tani Ngadi Rahayu ini kemudian di uji dengan menggunakan uji rapit test kit.  Adapun hasil uji pestisida dengan menggunakan uji rapit test kit adalah : Tomat, Cabe Rawit Tiung, Cabe Besar dan Pare. Dari kelima uji Pestisida ini dengan menggunakan Rapid Test Kit atau yang dikenal dengan uji cepat untuk buah  Tomat teridentifikasi mengandung  Positif (+) Pestisida, sedangkan Cabe Rawit Tiung, Cabe Besar dan Pare untuk Uji Pestisida Negatif (-) Pestisida. 

Untuk pengujian pestisida dengan rapid test kid tidak bisa memperlihatkan Batas Maksimum Residu (BMR) pestisida yang terkandung dalam bahan sampel, sehingga tidak bisa memastikan apakah bahan sampel yang mengandung residu pestida tersebut aman atau tidakanya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Pelatihan Pertanian Terbarukan

Cempaka, 19 Maret 2020 UPT BPP Cempaka beserta penyuluhnya melaksanakan Pelatiha

Penyuluhan B2SA Oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru

Kegiatan Penyuluhan B2SA rutin dilakukan setiap 1 tahun sekali. B2SA  

Konsultasi Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke DKP-3

Pada kesempatan kali ini para Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat melaku