CARA JITU PENGENDALIAN HAMA ORONG-ORONG PADA TANAMAN PADI

Write on Kamis, 02 May 2019 by: fikri

Pada musim kemarau, lahan sawah pasang surut atau tadah hujan mengalami kekeringan, seperti yang terjadi di salah satu lokasi persawahan di Kec. Kembayan, sehingga terlihat adanya tanaman yang mati akibat serangan hama orong-orong (Gryllotalpa orientalis Burmeister).  Masalah ini memang biasa dihadapi para petani padi di lahan sawah pasang surut atau sawah tadah hujan pada saat lahan pertanaman padi dalam kondisi kering yang kekurangan air. Orong-orong yang juga dikenal dengan nama anjing tanah ini merupakan hewan karnivora, namun kenyataannya di alam hewan ini pemakan segalanya mulai dari larva serangga lain hingga akar – akar tanaman, sehingga menjadi salah satu musuh petani

         Hama ini memiliki tungkai depan yang besar . Bentuk dari tungkai tersebut seperti cangkul yang mana menjadikan mereka dengan mudah menggali terowongan – terowongan di bawah permukaan tanah lahan pertanian. Melalui terowongan tersebut si orong – orong ini menyerang tanaman pada bagian akar, sehingga proses mendeteksi serangan hama orong – orong sangat susah. Akibat dari serangan hama orong – orong adalah tanaman akan menjadi layu, roboh dan akhirnya mati. Hama ini dapat merusak pada semua fase tumbuh tanaman.

Pengendalian Hama Orong-orong

  1. Usahakan membuat lahan persawahan rata dengan tujuan agar air dapat menggenang secara merata sehingga dapat memperkecil serangan hama orong-orong yang diharapkan nantinya mengurangi kerusakan pada tanaman padi
  2. Lakukan penggenangan sawah 3 – 4 hari agar dapat mematikan telur orong-orong yang berada di dalam tanah
  3. Lakukan pencelupan bibit padi dalam larutan insektisida sebelum dilakukan penanaman agar terhindar dari serangan orong-orong.
  4. Melakukan pengumpanan dengan memanfaatkan sekam padi yang telah di campur dengan insektesida. Letakkan sekam tersebut di beberapa tiitk pada lokasi lahan pertanian. Menggunakan cara ini di anggap ramah lingkungan dan aman meskipun melibatkan insektisida kimia. Cara ini dapat diaplikasikan kepada berbagai jensi tanaman seperti palawija.
  5. Penggunaan insektisida (bila diperlukan) yang berbahan aktif carbufuron atau fipronil
  6. Pengendalian hama orong-orong secara alami dengan pestisida nabati menggunakan kulit jengkol, tembakau dan akar tuba.

 Cara Pembuatan Pestisida Nabati Untuk Mengendalikan Orong-orong

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Kulit jengkol 2 kg
  • Tembakau tepek 5 ons
  • Akar tuba 5 ons
  • Air 6 liter
  • Blender / penumbuk
  • Saringan

Cara Membuat

  • Kulit jengkol dicincang kemudian diblender / ditumbuk sampai halus. Kemudian kulit jengkol dimasak dalam 2 liter air sampai mendidih dan jangan lupa sekali-kali diaduk. Setelah dingin pisahkan dengan saringan antara ampas dan airnya .
  • Tembakau dimasak dengan 2 liter air sampai mendidih atau direndam dalam air mendidih dan jangan lupa sekali-kali diaduk. Setelah dingin peras tembakau atau disaring untuk memisahkan air dengan ampasnya.
  • Akar tuba dicincang kemudian dihaluskan dengan blender atau ditumbuhk. Kemudian dimasak dengan 2 liter air hingga mendidih dan jangan lupa diaduk-aduk. Setelah dingin pisahkan antara air dan ampasnya menggunakan saringan.
  • Larutan jengkol, tembakau dan akar tuba kemudian dicampur jadi satu dan disimpan di dalam jerigen atau wadah lainnya dan pestisdia nabati siap diaplikasikan ke tanaman.

Cara aplikasi

      Ambil 100 – 150 ml larutan pestisida nabati campurkan ke dalam 1 liter air dan semprotkan pada tanaman padi terutama pada pangkal batangnya. Lakukan penyemprotan pada sore hari karena hama orong-orong aktif pada malam hari.

Penyusun : Ir. Sari Nurita, Penyuluh Pertanian BPTP Kalimantan Barat

sumber : http://cybex.pertanian.go.id/artikel/59748/cara-jitu-pengendalian-hama-orong-orong-pada-tanaman-padi-/

Share: Share on Google+ Print: Category: Pertanian

PENGEMBANGAN PADI BEBAS RESIDU

Penggunaan pestisida kimia memang dapat menyelamatkan pertanaman padi dari kegag

Beternak Kambing : Pengelolaan Pakan dan Air Minum

Sebelum memulai beternak, perlu untuk mempertimbangkan masalah ketersediaan paka

PEMBUATAN ES KRIM DARI JAMUR TIRAM

Praktek pembuatan Es krim dari jamur tiram di KWT Merah Delima Adapun bahan - b