Launching Desa Mandiri Kampung Iwak Mentaos 2019

Write on Rabu, 09 Oct 2019 by: dhanie

Banjarbaru, Rabu 09 Oktober 2019 bertempat di UPT. Produksi Perikanan Budidaya Air Tawar Mentaos dilaksanakan acara Launcing Desa Mandiri Kampung Iwak. Acara ini di hadiri oleh Walikota Banjarbaru H. Nadjni Adhani, Ketua TP PKK Hj. Ririen Kartika Rini, MP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Hj. Siti Hamdah, SP, MT, Sekretaris Badan Riset dan SDM Kementrian Perikanan Dr. Maman Hermawan, M.Sc, Kepala Balai pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Bitung Manado, Kepala Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan Gondol Bali, Dekan Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat, Para Pejabat Lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru serta para pembudidaya dan petani ikan Kota Banjarbaru.

Kampung iwak yang terletak di Kelurahan Mentaos dicanangkan sebagai Kampung Mandiri Perikanan. Pencanangan ini ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Sekretaris Badan Riset dan SDM Kementrian Perikanan Dr. Maman Hermawan, M.Sc dan diserahkan kepada Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani.

Meskipun Banjarbaru adalah kota, tapi kawasan pertanian dan perikanan yang potensial harus dipertahankan. Kawasan kampung iwak ini terhampar di lahan seluas 47 Ha dengan jumlah kolam sekitar 200 petak kolam ikan untuk pembenihan dan pembesaran ikan. Dalam sambutan Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani mengatakan agar di kampung iwak ini juga dikembangkan pemeliharaan ikan non konsumsi karena potensi ekonominya sangat besar.

Setelah selesai pencanangan, para undangan di ajak berkeliling kampung iwak menggunakan kereta odong-odong untuk meninjau pos informasi kampung iwak dan menikmati hidangan panganan  berbahan dasar ikan. Selain itu juga di resmikan Sekretariat Koperasi Perikanan oleh Walikota Banjarbaru. Dengan adanya koperasi ini diharapkan mampu mensejahterakan anggota-anggotanya. Kegiatan Launcing Desa Mandiri Kampung Iwak ini di akhiri dengan panen benih ikan papuyu bersama Walikota Banjarbaru, Sekretaris Badan Riset dan SDM Kementrian Perikanan dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru.

Dokumentasi : Launching Desa Mandiri Kampung Iwak Mentaos 2019

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Panen Perdana Padi Di Lokasi Demfarm Serasi, Balitbangtan

Marabahan, Rabu 06 November 2019 petani desa jejangkit muara, kecamatan jejangki

Tim Pemeriksa barang DKP3 dengan Bulog Divre Kal-Sel

Indikator ketepatan sasaran dari pengelolaan dan pengembangan Cadangan Pangan Pe

Pemeriksaan Tim Monev Inspektorat

Rabu, 6 Nopember 2019 Tim Monev Inspektorat melaksankan kegiatan surver sekaligu