Panen Perdana Padi Di Lokasi Demfarm Serasi, Balitbangtan

Write on Jumat, 08 Nov 2019 by: dhanie

Marabahan, Rabu 06 November 2019 petani desa jejangkit muara, kecamatan jejangkit Kabupaten Barito Kuala dilaksanakan panen perdana padi bersama Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy dan Kepala Balitbangtan Kementan Fadjry Djufry M.Si dilokasi demfarm Serasi Balitbangtan dan Superimposed. Acara ini diikuti sekitar 2000 peserta untuk memotivasi para petani agar terus mengembangkan pertanian dan diberikan bantuan saprodi (benih, pupuk, dolomit, herbisida), integrasi budidaya hortikultura, ternak, ikan, pengembangan usaha melalui kelompok usaha bersama (KUB) dan melibatkan petani milenial.

Acara diawali dengan panen maual bersama Kepala Balitbangtan, Gubernur, Kapolda, Bupati Batola dan Danrem. Kemudian dilanjutkan dengan panen menggunakan combine harvester dan demo alsintan (traktor rawa) serta drone tanam. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan temu wicara dengan tema Implementasi Teknologi Pengelolaan Lahan Rawa, dilanjutkan penyerahan secara simbolis Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR) sebanyak 25 unit bibit jeruk siam banjar sebanyak 5000 pohon, penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Ditjen PSP serta pembagian paket Serasi dari Ditjen TP.

Badan Litbang Pertanian melaksanakan kegiatan ini dalam rangka mendukung program Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) Tahun 2019. Adapun bentuk dukungan yang dilaksanakan melalui kegiatan demfarm, superimposed serta bimbingan pendampingan teknis guna meningkatkan daya tanam serta hasil yang didapat oleh para petani. Semua teknologi yang dibutuhkan sudah disiapkan Balitbangtan, mulai penataan lahan, pengelolaan air, pengolahan tanah, pupuk hayati hingga drone penerbar benih.

Dokumentasi : Panen Perdana Padi Di Lokasi Demfarm Serasi, Balitbangtan

Comment: 0 Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Pelatihan Pertanian Terbarukan

Cempaka, 19 Maret 2020 UPT BPP Cempaka beserta penyuluhnya melaksanakan Pelatiha

Penyuluhan B2SA Oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru

Kegiatan Penyuluhan B2SA rutin dilakukan setiap 1 tahun sekali. B2SA  

Konsultasi Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke DKP-3

Pada kesempatan kali ini para Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat melaku


Leave a Comment