PPL JALANKAN PHYSICAL DISTANCING

Write on Rabu, 22 Apr 2020 by: dhanie

Membicarakan Covid 19 seakan tak berujung semakin bertambah jumlah ODP dan PDP diseluruh Indonesia seolah menjadi momok di masyarakat, akan tetapi sebagian masyarakat tetap ingin melaksanakan kegiatan seperti biasa meski harus menggunakan istilah  physical distancing atau jarak fisik sebagai cara untuk menghindari penyebaran virus corona lebih luas. Langkah ini disebut sebagai "arah yang tepat" oleh para ahli. (Vina Fadhrotul Mukaromah)

Langkah ini tidak berarti bahwa secara sosial, seseorang harus memutuskan hubungan dan komunikasi dengan orang yang dicintai atau dari keluarganya. Begitu pula dengan penyuluh pertanian, tetap melakukan pertemuan  dan anjangsana ke kelompok tani meskipun harus melaksanakan physical distancing.  

Pertemuan kelompok adalah bertemunya anggota kelompok tani dalam  suatu tempat pada waktu tertentu, dengan tata tertib tertentu, aturan-aturan yang telah disepakati untuk membicarakan sesuatu dan agenda tertentu. Tujuan dari pertemuan kelompok adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan kesempatan kepada anggota-anggota kelompok untuk saling berhubungan secara teratur seperti tukar menukar informasi, saling belajar, saling tolong, san lain-lain.
  2. Meningkatkan disiplin para anggota.
  3. Memberikan kesempatan anggota-anggota kelompok untuk belajar berkomunikasi
  4. Menjadi wadah untuk menyusun rencana-rencana kelompok
  5. Kesempatan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi
  6. Kesempatan untuk menyatukan beda-beda pendapat (klik disini

Mengingat pentingnya pertemuan kelompok tani ini maka diharapkan hal tersebut untuk tetap dilakukan serta digiatkan kembali apalagi untuk kelompok tani yang telah lama fakum dari kegiatan dengan berbagai keadaan. Agar fungsi kelompok tani sebagai wadah untuk menampung aspirasi petani serta wadah untuk bertukar pengalaman dan ilmu dapat berjalan secara optimal.  Dalam pertemuan kelompok juga dapat mengundang berbagai narasumber untuk menambah ilmu dan pengetahuan yang disesuaikan dengan kebutuhan kelompok tani, selain itu tetap dianjurkan kepada kelompok tani agar dimasa Covid 19 ini mengurangikontak antar manusia untuk mengurangi penyebaran infeksi dan penyakit dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan hand sanitizer, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, berikhtiar serta berdoa.  

oleh :

Yulia Resty, SP

PPL Kel. Sungai Besar & Guntung Paikat

Comment: 0 Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Pelayanan di Bidang Peternakan

Bidang Peternakan melayani : Melayani SKKH/ Surat Keterangan Kesehatan Hewa

Kunjungan Walikota di UPT BPP Banjarbaru Kota Banjarbaru

Walikota beserta rombongan mengunjungi UPT BPP Banjarbaru yang di kepala oleh&nb

Kunjungan Walikota dan Wakil Walikota di UPT Cempaka Kota Banjarbaru

Kunjungan Walikota dan Wakil Walikota bersama Rombongan kali ini ke UPT Cem


Leave a Comment