BUDIDAYA IKAN GABUS SISTEM BIOFLOK DI BPP LIANG ANGGANG

Write on Senin, 11 May 2020 by: dhanie

UPT. BPP sebagai sumber informasi dan belajar penyuluh serta petani, selayaknyalah selalu melakukan inovasi-inovasi  terbaru dalam setiap kegiatan budidaya, baik itu pertanian,peternakan maupun perikanan. Karena dengan semakin berkembangnya teknologi, otomatis berkembang juga teknik budidaya di segala sektor.

Bekerjasama dengan bidang perikanan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, UPT BPP Liang Anggang mencoba membudidayakan ikan gabus sistem bioflok, yang sebelumnya sistem ini masih diterapkan pada ikan lele. Dengan 2 (dua) kolam berdiameter 2 meter, masing-masing di isi 1000 ekor benih ikan gabus ukuran 5 cm, dan posisi kolam berada di ruangan terbuka namun beratap seng setinggi 3 meter,sehingga sirkulasi udara tetap terjaga sesuai kebutuhan dari budidaya ikan gabus tersebut.

Sebelum ditebarnya benih ikan gabus tersebut,  kami menyiapkan kolam dengan kedalaman air 50 cm yang telah di tambahkan cairan EM 4 Perikanan yang di biarkan selama 7 hari yang bertujuan agar terbentuknya plankton sebagai pakan ikan alami, karena air yang di pakai adalah air sumur disamping itu ph air sangat rendah sehingga perlu penambahan kapur dolomit.

Dengan adanya budidaya ikan sistem bioflok ini, selain menambah pengetahuan penyuluh pertanian juga menjadi sumber informasi para petani pembudidaya ikan pada khususnya dan seluruh petani pada umumnya yang berada di wilayah binaan UPT BPP Liang Anggang. 

Comment: 0 Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Pembacaan Tahlil dan Doa bersama untuk Almarhum Bapak Drs. H. Najmi Adhani, M.Si Bin Almarhum H. Hardansyah

Pembacaan Tahlil dan Doa bersama untuk Almarhum Bapak Drs. H. Najmi Adhani, M.Si

Gerakan Pengendalian (Gerdal) OPT Cabe

Tanaman cabe merupakan salah satu anggota dari famili Solanaceae yang sanga

RECORDING DALAM BUDIDAYA TERNAK ITIK PETELUR DI POKTAN PELITA KELURAHAN LANDASAN UTARA 13

Hallooo Sani.... Pandemi Covid_19 yang melanda seluruh belahan bumi selain


Leave a Comment