Sosialisasi SIMANTAP

Write on Kamis, 11 Jun 2020 by: fikri

SI MANTAP adalah Sistem Informasi Pemantauan Tanaman Pertanian yang dilakukan dari angkasa (satelit atau wahana lainnya seperti drone) yang dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian – Kementerian Pertanian. Pembangunan SI MANTAP dilakukan bertahap dari tahun 2012/13. Sistem tersebut pada awalnya bernama SISDLTP (Sistem Informasi Sumberdaya Lahan dan Tanaman Pertanian, dan berganti nama dua kali, yaitu : a) SI-PETANI tahun 2016 dan b) SI MANTAP tahun 2017. Sistem informasi yang semula dibangun dalam versi website, berisi infomasi pemantauan kekeringan (agronomi) lahan pertanian, fase tanaman padi, jagung, dan tebu, serta informasi lainnya masih dalam taraf pengembangan yaitu bawang merah cabe. Saat ini SI MANTAP dikembangkan juga dalam Aplikasi berbasis Android SI MANTAP Versi 1.0 ini memuat informasi luas tanaman padi, jagung, dan tebu berdasarkan umur atau periode pertumbuhannya. Data satelit yang digunakan untuk mendapatkan informasi tersebut dari Landsat 8. Penelitian dan pengembangan monitoring tanaman pertanian, khususnya Standing Crop padi yang disajikan dalam SI MANTAP, telah dikembangkan sejak tahun 1997/98. Bekerjasama dengan institusi baik nasional maupun internasional, seperti LAPAN, BPPT, IPB, JAXA-Jepang, CSACanada, IRRI-Phillipines, NASA-USA, dan lain-lain, informasi Standing Crop padi baru dimanfaatkan tahun 2014 untuk memantau kondisi tanaman padi, seperti mengecek luas tambah tanam, dalam mendukung program upaya khusus swasembada pangan.

Aplikasi ini bertujuan untuk melakukan melaporkan pelaksanaan kegiatan Balai Penyuluhan Pertanian bulanan dan tahunan yang benar-benar terbaharukan. Hasil pelaporan ni sebagai dasar pembinaan dan pengawasan BPP secara berjenang baik di kabupaten/kota, provinsi dan pusat, serta memberikan rekomendasi dan penguatan BPP. Aplikasi ini bisa diakses di smartphone, laptop dan personal computer (PC). Dalam proses pengisian laporan ini, Pimpinan/Koordinator BPP memerlukan data dan informasi dan atau dokumen pendukung dan atau foto/gambar sebagai bukti pelaksanaan kegiatan.

Aplikasi dapat diakses ke alamat http://sipetani.pertanian.go.id:8081/progress/simantap

Dikembangkan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian..

Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Pembacaan Tahlil dan Doa bersama untuk Almarhum Bapak Drs. H. Najmi Adhani, M.Si Bin Almarhum H. Hardansyah

Pembacaan Tahlil dan Doa bersama untuk Almarhum Bapak Drs. H. Najmi Adhani, M.Si

Gerakan Pengendalian (Gerdal) OPT Cabe

Tanaman cabe merupakan salah satu anggota dari famili Solanaceae yang sanga

RECORDING DALAM BUDIDAYA TERNAK ITIK PETELUR DI POKTAN PELITA KELURAHAN LANDASAN UTARA 13

Hallooo Sani.... Pandemi Covid_19 yang melanda seluruh belahan bumi selain