Meningkatkan Performa Kambing Dengan Kelor

Write on Senin, 09 Nov 2020 by: dhanie

Daun kelor diketahui sudah sering digunakan dalam ramuan tradisional sejak zaman dahulu.  Secara ilmiah manfaat daun kelor ternyata mampu menjaga kadar gula darah dan memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Demikian halnya dengan ternak kambing, daun kelor yang dimanfaatkan sebagai hijauan pakan ternak memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan kambing. Kelor dapatmeningkatkan performa dari kambing tersebut, meningkatkan bobot badan kambing, memperbaiki pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Adanya kegiatan pengabdian masyarakat dari Fakultas Pertanian Jurusan Peternakan ULM yang bersinergi dengan  UPT BPP Landasan Ulin adalah bukti dari kajian ilmiah tersebut.  Kegiatan ini berlokasi di Kelompok Tani Rukun Jaya Makmur Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin.  Berdasarkan hasil penelitian dari Faperta ULM bahwa pemberian pakan daun kelor pada kambing mampu meningkatkan kualitas semen dan memperpanjang masa birahi kambing.

Pada kesempatan ini pula dilakukan praktik pengolahan daun kelor menjadi blok kelor, kapsul kelor, teh daun kelor, serta dilaksanakan IB kambing untuk wilayah Kecamatan Landasan Ulin.

Oleh :

WITA WULAN SARI, SP

Penyuluh Pertanian UPT BPP Landasan Ulin

Comment: 0 Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Monitoring dan Evaluasi P2L

Banjarbaru, Rabu 31 Maret 2021 dilaksanakan acara monitoring dan evaluasi Progra

Panen melon Bersama Walikota Banjarbaru

Banjarbaru, Sabtu tanggal 27 Maret 2021 dilaksanakan acara Panen Melon bersama W

Yaumul Milad Walikota Banjarbaru H.M. Aditya Mufti Ariffin, SH, MH

Keluarga Besar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru M


Leave a Comment