Hari Pangan Sedunia Ke - 42 dan Pasar Murah Produk Hasil Pertanian

Write on Selasa, 11 Oct 2022 by: dhanie

Pemerintah Kota Banjarbaru hadirkan Pasar Murah hasil pertanian dan pencanangan Urban Farming, dalam rangka menyambut Hari Pangan Sedunia ke-42 tahun, bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru, Selasa (11/10/2022).

Terselenggarannya pasar murah produk hasil pertanian ini juga sebagai bentuk penanganan dampak inflasi di Kota Banjarbaru, dengan mengangkat tema ‘Urban Farming Solusi Ketahanan Pangan Kota Banjarbaru’.

Dalam momentum Hari Pangan Sedunia tahun ini, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, juga mengadakan kegiatan bimbingan teknis kader pangan tahun 2022 bagi calon kader pangan dari 20 Kelurahan, dan 5 Kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang.

Wali Kota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin didampingi sang istri Vivi Mar’I Zubedi mengatakan, kekuatan setiap Negara ditentukan oleh kemampuan memenuhi kebutuhan pangan rakyat secara berkelanjutan.

“Dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia kali ini, ulun mencoba mengajak seluruh masyarakat Banjarbaru untuk menjalankan pertanian, perkebunan dan peternakan perkotaan dengan kegiatan Urban Farming,” katanya.

Lanjut Aditya, banyak kebaikan dalam menerapkan Urban farming apalagi yang memiliki keterbatasan lahan bukan hambatan untuk berkebun.

“Pertanian dan perkebunan yang tumbuh secara alami, tanpa bahan kimia memberikan kebaikan bagi alam dan manusia yang mengonsumsinya. Sekaligus juga memunculkan kemandirian pangan keluarga,” ujarnya.

Masih kata Aditya, tidak hanya petani yang harus berfikir, bertindak kreatif dan inovatif.

“Ulun mengajak kita semua untuk saatnya juga turut berperan dalam memperkuat ketahanan pangan di daerah kita sendiri Kota Banjarbaru,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru sekaligus Istri Wali Kota Banjarbaru, Vivi Mar’I Zubedi menyampaikan, melalui penerapan 10 program pokok PKK diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan keluarga yang merupakan kondisi tentang terpenuhinya kebutuhan dasar manusia.

“Adanya kader pangan dan gizi di Kota Banjarbaru merupakan sebagai perpanjangan terkait pemanfaatan pekarangan untuk program Urban Farming. Serta tentang pola konsumsi B2BA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman),” tuturnya.

Vivi melanjutkan, dirinya berharap dengan adanya kader ini untuk mewujudkan ketahanan pangan dilingkungan keluarga dapat terus termotivasi. Untuk menambah pemahaman dan pengetahuan mengenai gizi pangan.

“Selain itu, diharapkan para kader pangan ini juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan indeks kesehatan masyarakat, terutama untuk penurunan angka stunting di Kota Banjarbaru,” pungkasnya.

Peringatan Hari Pangan Sedunia ke42 di Kota Banjarbaru diakhiri dengan pendatangan Komitmen Bersama Untuk Mendukung Pencanangan Gerakan Urban Farming di Kota Banjarbaru, oleh Wali Kota Banjarbaru, Wakil Wali Kota Banjarbaru, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Ketua DPDR Kota Banjarbaru, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dan diikuti unsur pejabat yang lain.

Pemerintah Kota Banjarbaru mengajak seluruh masyarakat untuk berbelanja di pasar murah yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru. Berbagai macam komoditas pangan pokok dan camilan yang dijual, dengan harga yang sangat miring. (Yds/Orz/MedCenBJB).

Dokumentasi : Hari Pangan Sedunia Ke - 42 dan Pasar Murah Produk Hasil Pertanian

Comment: 0 Share: Share on Google+ Print: Category: Berita Daerah

Tebar 100 Ribu Benih Ikan Nila Di Danau Putri Anggang

Dalam upaya membantu masyarakat dalam budidaya ikan, Dinas Ketahanan Pangan, Per

Pasar Murah di Kecamatan Liang Anggang

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru, kembali

Warga Landasan Ulin Serang Pasar Murah

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru, kembali


Leave a Comment