Profil

Selayang Pandang

Bidang Perikanan berdasarkan Peraturan Walikota Banjarbaru :

No.39 Tahun 2016 tanggal 26 oktober 2016 dan No. 73 Tahun 2016 Tanggal 28 November 2016 terdiri dari dua seksi yaitu :

  1. Seksi Budidaya Perikanan dan Pengawasan Sumberdaya Perikanan
  2. Seksi Bina Usaha dan Pengolahan Hasil Perikanan.

Tugas Pokok dan Fungsi

Bidang Perikanan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok melaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis terhadap produksi, pengolahan, usaha perikanan, budidaya dan sumber hayati perikanan, peningkatan kesejahteraan petani ikan, peningkatan ketahanan pangan sesuai petunjuk teknis bidang tugas. 

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Perikanan mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan identifikasi dan analisis pelanggaran pengelolaan sumberdaya perikanan serta pendataan hukum bidang perikanan.
  2. Perumusan kebijakan teknis bidang perikanan  berdasarkan pearturan perundang-undangan yang berlaku, pembinaan dan pengawasan teknis pada Unit Pembinaan Rakyat (UPR) dan dunia usaha serta menyerbarluaskan paket teknologi perbenihan dan menyusun standarisasi perbenihan perikanan, agribisnis perikanan, pengendalian dan pengawasan kelestarian sumber daya perikanan.
  3. Pelaksanaan pembinaan pengendalian dan pemberantasan hama penyakit ikan dan pembinaan perbenihan, pembinaan kepada pembudidaya ikan yang meliputi pengembangan intensifikasi pembudidayaan ikan (inbudkan) dengan mendayagunakan teknologi budidaya, penanganan pasca panen, pengendalian mutu produk perikanan dan pemasaran produk hasil perikanan.
  4. Pelaksanaan pembinaan dan monitoring produk hasil perikanan melalui analisis pasar, pemantauan dan penyebaran informasi pasar serta pengawasan mutu produk hasil perikanan.
Share: Share on Google+ Print: