Belajar Hidroponik

Keberadaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Harum Manis Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru sebagai bagian dari masyarakat! diterima dengan baik oleh pemerintah setempat.  Hal ini dikarenakan KWT dianggap mampu menularkan hal baik kepada masyarakat disekitar dalam kegiatan budidaya dipekarangan sehingga dengan berbagai tanaman dipekarangan mampu menekan pengeluaran masyarakat akan kebutuhan sayuran keluarga.

Kondisi ini membawa keuntungam bagi KWT Harum Manis dengan mendapatkan hibah 1 buah modul hidroponik lengkap dengan aerator dan drum penampung airnya.  Hal ini tentu saja menjadi motivasi bagi KWT Harum Manis untuk dapat semakin meningkatkan kemampuan diri dlm budidaya tanaman secara hidroponik.

Untuk meningkatkan pengetahuan anggota KWT Harum Manis di Kelurahan Bangkal maka pada hari kamis, 17 Januari 2019 bersama PPL Bangkal dilaksanakanlah kegiatan kursus tani belajar mengenal hidroponik. 

Apakah hidroponik itu..

Hidroponik berasal dari bahasa Mesir, yaitu hydro (air) dan phonos (bekerja), sehingga hidroponik adalah cara bercocok tanam dengan meletakkan akar tanaman kedalam air yang mengandung nutrisi untuk mendukung perkembangan tanaman.

Kelebihan hidroponik adalah :

1. Tidak memerlukan tanah dan lahan yang luas

2. Akar tanaman dapat dipantau

3. Penghematan dalam penggunaan pupuk

4. Tidak memerlukan penyiraman setiap hari

5. Bebas dari kotoran dan penyakit

6. Memperkecil resiko serangan hama dan penyakit tanaman.

 

  Berbagai tanaman dapat tumbuh dengan metode hidroponik seperti bayam, sawi, selada, pakcoy, seledri, tomat, cabe dan lainnya.  Dewasa ini kegiatan berhidropinik dilakukan sebagai trend yang dapat dijadikan sebagai usaha yang menjanjikan dalam mengisi waktu luang, menjadi hobby atau pun berfungsi sebagai estetika.

Kursus tani kali ini menitik beratkan pada kegiatan penyemaian untuk tanaman hidroponik.  Adapun langkah2 yang dilakukan adalah :

1. Memotong rockwool dengan ukuran 2x2 cm sebagai media tanam benih tanaman

2. Membasahi rockwool dan meletakkan dalam nampan

3. Menggunakan tusuk gigi untuk memindahkan benih tanaman ke rockwool yg sudah disiapkan

4. Jika tanaman di rockwool sdh tumbuh hingga memiliki 3-4 daun maka dapat dipindahkan ke dalam netpot yg sudah diberikan sumbu dibawahnya dan menempatkannya pada modul hidroponik.

Dengan kegiatan kursus tani ini diharapkan anggota KWT Harum Manis dapat semakin menambah pengetahuan dan keterampilan mereka sehingga nantinya hasil tanaman hidroponik akan menjadi tambahan pemasukan bagi kas KWT.

Oleh :

Yulia Resty, SP

NIP. 19860716 201503 2 002

PPL Kel. Bangkal Kec. Cempaka Kota Banjarbaru

Share: Share on Google+ Print: