Pembentukan Kelompok Tani

Berawal dari kunjungan seorang petani bernama Bapak Hafiz di kantor UPT  BPP Cempaka, bahwa beliau mengungkapkan memiliki lahan persawahan di Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, yang setiap tahunnya di tanami padi lokal, dan tertarik membentuk kelompok tani.  Keinginan untuk membentuk kelompok tumbuh karena Bapak Hafiz dan beberapa anggota masyarakat yang lain mendapatkan masukan dan sedikit pengetahuan tentang kegiatan kelompok tani yang ada di Kelurahan Bangkal. 

Untuk mengakomodir niat baik tersebut maka pada hari Jum'at, 1 Februari 2019 dilaksanakanlah kegiatan pertemuan kelompok di wilayah  persawahan RT. 08 RW. 03 Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru dengan agenda pembentukan kelompok tani dengan nama "HANDIL WALANGKO" yang memiliki anggota sebanyak 20 orang.

 

Pada pertemuan ini disampaikan oleh PPL Bangkal materi tentang pembentukan kelompok tani.  Kelompok tani merupakan sekumpulan orang yang menghimpun diri dalan suatu kelompok dikarenakan memiliki keserasian dalam tujuan, motif dan minat.  Hal yang menjadi dasar dari pembentukan kelompok adalah adanya unsur kebutuhan bersama untuk menciptakan suatu wadah yang legalitasnya diakui oleh masyarakat dan pemerintah serta dibentuk dengan musyawarah mufakat. 

Kelompok tani Handil Walangko merupakan kelompok tani hamparan lahan dengan komoditas utama padi.  Kelompok tani Handil Walangko telah melalui tahapan pembentukan kelompok antara lain :

1. Mengumpulkan petani dalam wilayah hamparan tertentu dengan jumlah anggota minimal 15 orang dengan luasan hamparannya

2. Membentuk kepengurusan yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan seksi-seksi

3. Membentuk nama kelompok tani

4. Menyusun AD/ART kelompok

Kelompok tani Handil Walangko yang sudah terbentuk berstatus BDK (Belum Di Kukuhkan).

Pertemuan pembentukan kelompok tani Handil Walangko juga dihadiri oleh KJF SDM dan KJF Programa UPT BPP Cempaka dan PPL Sungai Tiung.  KJF SDM dan KJF Programa juga turut memaparkan tentang tugas dari kepengurusan kelompok seperti ketua, sekretaris dan bendahara kelompok tani serta kewajiban anggota kelompok tani yang harus di taati oleh semua anggota kelompok

Semoga kelompok tani Handil Walangko bisa sejajar dengan kelompok tani terdahulunya dan memberikan dampak positif bagi para petani di Kelurahan Bangkal pada umumnya.

Oleh :

Yulia Resty, SP

NIP. 19860716 201503 2 002

PPL Kel. Bangkal Kec. Cempaka Kota Banjarbaru

Share: Share on Google+ Print: